Pengantar Teknologi Komputer


 Teknologi informasi erat kaitannya dengan teknologi komputer yang saat ini berkembang begitu  pesatnya.  Personal  computer  (PC)  yang  sekarang  ini  sudah  banyak  dipakai pengguna hampir di setiap rumah, merupakan salah satu contoh teknologi komputer yang banyak  berperan  dalam  perkembangan  teknologi  informasi.  Contoh  perangkat  yang digunakan  dalam  teknologi  komunikasi  ialah  telepon  seluler  (hand  phone).  Dalam handphone  tersebut  berisi  program-program  yang  dapat  mempermudah  proses telekomunikasi.  
Perangkat  PC  dan  komponennya sebagai  perangkat  komputer  yang  banyak  dipakai  untuk  pemrosesan  data. Komputer  itu sendiri didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dirancang untuk dapat melakukan penyimpanan, pemrosesan, dan pengambilan data. PC merupakan  salah  satu contoh dari bentuk  teknologi  komputer. Dengan  berkembangnya  teknologi  komputer  ini  diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia secara lebih efektif dan efisien. 
Komponen  komputer minimal  untuk  dapat memakai PC,  cukup  dengan  PC  yang  terdiri dari: unit  sistem  (processor, motherboard, memori/RAM, VGA card, dan harddisk, yang terpasang  dalam  casing),  media  input  (keyboard  dan  mouse),  dan  output  (monitor). Dengan spesifikasi tersebut, PC sudah dapat dioperasikan. 
komponen PC dikelompokkan menjadi  tiga bagian, yaitu :

  • unit sistem
  • input/output
  • media penyimpanan. 
Berikut panjelesannya mengenai masing - masing spesifikasinya........
a. Komponen pada Unit Sistem
1)  CPU (Central Processing Unit) dan Motherboard

    Microprocessor  atau CPU  (Central Processing Unit),  atau  biasa  disebut  processor  saja, selalu  terdapat  pada  tiap  PC  sebagai  komponen  utama  dalam  melakukan  proses pengolahan data komputer (sebagai otak komputer). Processor/CPU ditempatkan bersama chip  pendukung    lainnya,  seperti  VGA  Card,  pada  sebuah  papan  sirkuit  yang  disebut motherboard  atau  mainboard.  Kemudian  motherboard  tersebut  dirakit  dan  ditempatkan dalam sebuah casing membentuk suatu unit sistem. Dalam  istilah sehari-hari, satuan unit komponen  yang  disimpan  dalam  casing  bersama  dengan  processor  sering  pula  disebut CPU. Bentuk dari unit  sistem bervariasi, mengikuti bentuk casing yang dipakai  ada yang berdiri (tower), dan ada pula yang desktop (diletakkan secara horisontal).
    2)  Memori
    Komponen  lain  yang membantu CPU  dalam melakukan  pemrosesan  data  ialah memori. Ada  beberapa  jenis memori  yang  terdapat  pada  suatu  PC,  seperti  cache memory  pada CPU, RAM, dan memori  lain pada motherboard. Memori yang akan kita bahas sekarang ialah  memori  jenis  RAM.  RAM  (Random  Access  Memory)  berbentuk  kepingan  yang dipasang pada motherboad dan dapat diganti/di-upgrade.  

    3)  VGA dan Sound Card
    Komponen  lain pada unit sistem yang  tidak kalah penting  ialah VGA Card (kartu VGA). VGA card dibuat berupa papan sirkuit yang berisi chip yang berfungsi sebagai perantara antara  unit  sistem  dengan  layar  monitor  sebagai  media  output.  Tanpa  komponen  ini, informasi hasil pengolahan CPU tidak dapat ditampilkan pada monitor. Sound Card, atau kartu suara, merupakan komponen  tambahan berupa papan yang berisi chip  yang  berfungsi  untuk  menghasilkan  energi  suara,  kemudian  lewat  media  sound system  seperti  speaker,  suara  tersebut  dapat  diperdengarkan.  Saat  ini,  terdapat motherboard  yang  membuat  VGA  dan  Sound  card  secara  on  board,  artinya  kedua komponen  tersebut dibuat berupa chip yang menyatu dengan chip  lain pada motherboard (built in). 



    b. Input dan Output
    Ialah  perangkat  komunikasi  yang  merupakan  bagian  dari  sistem  komputer  selain  unit sistem.  Perangkat  ini  yang  menjembatani  antara  unit  sistem  pada  komputer  dengan pengguna. 

    1) Media Input
    Merupakan  media  komunikasi  pada  komputer  untuk  mengirimkan  instruksi,  data,  dan  informasi yang akan diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh media input seperti Keyboard, mouse, scanner, joystick dll

    2) Media Output seperti monitor, printer, spotter, speaker dll


    c. Media Penyimpan Data seperti harddisk, floppy disk, CD, dan yang terbaru dan paling sering digunakan adalah flash disk dengan kapasitas yang bervariasi

    0 comments: